Kamis, 16 Juni 2011

Jual Beli Online

     Semakin berkembangnya jaman, teknologi menjadi sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita semua, semakin tinggi teknologi yang telah kita capai, semakin mudah kita melakukan aktivitas sehari-hari.  Satu dari sekian banyak buah teknologi adalah Internet. Akhir-akhir ini internet telah menjadi sesuatu bagian dari aktivitas sehari-hari, terlebih setelah banyaknya kemunculan situs situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Situs-situs tersebut telah membuat kecanduan banyak orang (narkoba kali ah..hehe), bahkan yang lebih memprihatinkan banyak kejadian seorang anak gadis yang kabur dari rumah atas ajakan lelaki hidung belang yang dikenalnya lewat facebook...ckckckckck sungguh tidak patut kita tiru terutama untuk gadis-gadis yang masih labil.

           

     Namun, selain dari efek negatif tersebut, internet juga punya efek positifnya, salah satunya yaitu bermanfaat untuk proses jual beli, dikenal dengan istilah proses jual beli secara online. Internet bisa menjadi media untuk menawarkan produk perusahaan bahkan seseorang kepada konsumen tanpa harus saling bertemu. Bagi orang yang sangat sibuk, internet tentu menjadi alternatif cara berbelanja karena orang tidak perlu lagi harus saling bertemu untuk melakukan proses jual beli,.

     Proses dari jual beli online antara lain yaitu pertama, pembeli memilih barang yang ditawarkan di internet, biasanya si penjual menyertakan detail gambar dan spesifikasinya, sehiingga kita bisa mengetahui dengan pasti detail barang. Setelah itu pembeli akan mengkontak alamat yang penjual cantumkan di situs tersebut, seperti no telp atau handphone, email, yahoo messenger, bahkan akhir-akhir ini banyak penjual yang mencantumkan pin blackberrynya sebagai alamat contact. Kemudian akan terjadi interaksi antara penjual dan pembeli melalui alamat contact tadi yang pada akhirnya akan diperoleh kesepakatan mengenai harga, cara pembayaran, dan cara pengiriman, kemudian yang terakhir pembeli tinggal melakukan pembayaran dengan cara yang telah disepakati, rata-rata pembeli yang melakukan transaksi dengan cara online akan melakukan pembayaran melalui transfer. Setelah itu pembeli tinggal menunggu dengan santai barang yang telah dibelinya. Tentu saja kunci dari proses jual beli online seperti ini yaitu saling percaya dan saling menjaga kpercayaan (kaya pacaran aja..hehe), dengan itu penjual dan pembeli akan selalu merasa nyaman dalam melakukan proses transaksinya.




     Saat ini banyak situs-situs di Indonesia yang menyediakan forum-forum jual beli seperti Kaskus, Toko Bagus, atau bahkan banyak transaksi jual beli juga dilakukan melalui facebook. Banyak penjual yang memanfaatkan situs facebook untuk menjual barang dagangannya, dan nampaknya pembeli dari media facebook pun telah bertambah seiiring menjadi populernya jual beli online di Indonesia. Tentu saja ini menjadi berita baik bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil, mereka tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk mengiklankan dan tempat untuk menjual produknya, yang diperlukan mereka hanyalah berlangganan internet.

     Mudah-mudahan proses jual-beli online juga memberi kita peluang untuk melakukan bisnis secara online, sehingga kita bisa menambah penghasilan tanpa harus mengeluarkan modal dan waktu yang banyak... amin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar